0 Hubungan Khusus Hiu Paus dan Nelayan di Papua Barat di kutip dari : http://www.klikunic.com/2011/11/hubungan-khusus-hiu-paus-dan-nelayan-di.html#ixzz

Mereka mungkin tidak diundang untuk makan siang, tetapi sepetinya tidak ada yang berpikir untuk mencoba berdebat dengan makhluk raksasa ini saat ia mencuri ikan yang keluar dari pukat nelayan ini. Gambar yang luar biasa ini menunjukkan mamalia seberat 20 ton ini menempatkan mulut mereka di lubang-lubang jaring dan mengisap ikan-ikan kecil di Papua Barat.

Hiu Paus PapuaHiu Paus di Papua Barat

Fotografer bawah laut, Steve Jones, menghabiskan waktu lima hari mendokumentasikan hubungan khusus yang dijalin antara Hiu Paus (Rhincodon typus) dan para nelayan setempat yang memperlakukan mamalia ini sebagai teman mereka.

“Hiu paus tertarik dengan jaring yang penuh ikan teri milik nelayan lokal yang menggantung di bawah mereka.” tutur pria berusia 40 tahun ini.

“Banyak jaring berada dalam keadaan rusak dan perlu diperbaiki, dan inilah kesempatan yang tidak disia-siakan hiu paus untuk mendapatkan makan siang gratis. Hiu Paus menggunakan mulut besar mereka untuk menyedot ikan kecil melalui lubang di jaring.” tambah Jones.

Namun para nelayan Papua ini rupanya tidak keberatan dengan kehadiran teman raksasa ini, dan kelihatannya telah membentuk suatu hubungan khusus dengan mamalia ini.

Hiu Paus di Papua Baratnelayan Papua

“Saya menyaksikan para nelayan berenang dengan Hiu Paus setiap hari dan melihat senyum di wajah mereka, ketika memberi makan ikan tersebut. Pernah sorang nelayan menyelam kedalam air di malam hari untuk membebaskan seekor ikan Hiu Paus yang terjebak dalam jaring. Walaupun kehilangan seluruh tanggapannya, namun ia tampak bangga telah membantu hewan yang mereka percaya membawa keberuntungan.” tutur Jones seperti yang dikutip dailymail.

Menurut ayah satu anak ini, perilaku yang ditunjukkan oleh hiu paus di teluk ini sangat tidak biasa, karena Hiu Paus biasanya hidup soliter atau menyendiri.


http://www.klikunic.com/2011/11/hubungan-khusus-hiu-paus-dan-nelayan-di.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com