0 Seorang Petani Menemukan Meteorit Seharga Tujuh Milliar

Sebuah meteorit ditemukan oleh seorang petani pada tahun 2006, dan dianggap merupakan yang pertama kali ditemukan diantara meteorit-meteorit yang hanya 19 buah pernah ditemukan di Amerika Serikat (AS).

Sang pemilik tanah, yang ingin identitasnya tetap dirahasiakan, menemukan spesimen tersebut di dekat kota kecil Conception Junction, Missouri.

Conception Junction meteorite

Setelah melalui begitu banyak analisis ilmiah, meteor ini diketahui belum pernah terlihat sebelumnya dan jika diuangkan harganya dapat mencapai Rp 7 Milliar.

Pada tahun 2009, Karl Aston, seorang ahli kimia yang juga pemburu meteorit amatir, mendengar tentang batu tersebut dan bersama teman-temannya membentuk sebuah kelompok unutk membeli batu meteor itu.

Meteorit itu pertama kali diperiksa oleh ahli geokimia Randy Korotev dari Washington University di St Louis. Korotev percaya meteor itu adalah bagian dari sebuah asteroid yang mengorbit matahari di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter, menurut LiveScience.

Fragmen itu kemudian copot dan berakhir pada orbit yang melintasi bumi dan akhirnya ditarik oleh gravitasi.

Conception Junction meteorite

Para ahli tidak bisa sepenuhnya yakin ketika batu itu mendarat di bumi. Karena, dari luar tampak seperti sebuah batu biasa, namun di dalamnya meteor ini memiliki kristal hijau yang bercahaya dari mineral yang disebut olivin.

Seperti yang dikutip situs dailymail Batu dari luar angkasa itu juga dipelajari oleh John Wasson dari UCLA, yang mempunyai alat khusus untuk menganalisis matriks logam kristal yang terkandung dalam meteorit. Analisisnya menunjukkan bahwa batu itu benar-benar tidak seperti apapun yang pernah ditemukan di bumi sampai saat ini.

Pada bulan Agustus, Nomenclature Committee of the Meteoritical Society secara resmi menamakannya sebagai Conception Junction, sesuai lokasi dimana batu itu ditemukan.

Karl Aston

Karl Aston sang pemburu meteor yang membawa batu luar angkasa yang ditemukan di Conception Junction

Randy Korotev

Randy Korotev, seorang ahli geokimia yang memberi nama meteorit tersebut Conception Junction sesuai dengan lokasi penemuannya

Ketika diiris dan dipoles, meteorit Conception Junction bernilai antara Rp 270 ribu sampai Rp 450 ribu per gram. Sebaliknya, meteorit yang umum dijual hanya seharga Rp 18 ribu sampai Rp 27 ribu per gram.

Batu Conception Junction ini kira-kira seberat 16 kiloram, yang berarti total nilai meteorit ini dapat mencapai Rp 4,5 Milliar sampai Rp 7,1 Milliar jika dibeli secara keseluruhan.



http://www.klikunic.com/2011/11/seorang-petani-menemukan-meteorit.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com