0 Inilah 6 Aktivitas yang Bikin Cerdas Buah Hati Anda

http://1.bp.blogspot.com/-SFoGvAFB9Kc/UIRbRI3NECI/AAAAAAAAINg/ztG9laxctVM/s1600/anak_cerdas.jpg 
Saya yakin, semua orang tua ingin anaknya cerdas. Namun tentu tidak semua orang tua tahu bagaimana cara membuat buah hati mereka menjadi cerdas. Untuk itulah artikel ini saya buat agar Anda yang sudah memiliki anak memiliki pengetahuan tentang aktivitas apa saja yang bisa merangsang kecerdasan buah hati Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kognitif anak Anda yang direkomendasikan oleh Jamie Loehr, M.D. dan Jen Meyers, pengarang buku Raising Your Child, seperti dikutip dari Parents Indonesia

1. Membaca 20 menit setiap hari
Ajak Anak anda membaca. Di usia 12 sampai 18 bulan anak banyak sekali menyerap informasi dari lingkungan sekitarnya. Jadi sangat mungkin bagi anak Anda mendengarkan apa yang anda baca. Setidaknya ajak membaca selama 20 menit sehari. Sambil membaca buku, tanyakan kepadanya gambar-gambar yang ada di buku.

2. Mendengarkan Musik
Bernyanyilah bersama anak Anda. Biasakan mendengarkan music saat di rumah atau di mobil. Pilihlah musik yang tidak membosankan walaupun diputar terus menerus. Jika Anda bernyanyi otomatis anak akan ikut bernyanyi. Lama-lama Anak Anda akan bernyanyi sendiri walaupun tidak ada music yang mengiringi.

3. Ajarkan tentang bentuk benda dan angka
Ajarkan si kecil tentang bentuk benda, warna dan angka seharian penuh. Jika di tumpukan mainannya ada bola bilang “ini bola bulat berwana merah. Jika sedang makan pisang bilang “ ini pisang kita tinggal satu” atau jika sedang memakai kaus berwarna biru bilang “kaus kamu warnanya biru.”

4. Ajarkan tentang Nama-nama Bagian tubuhnya
Ajarkan juga anak Anda nama-nama bagian tubuhnya. SAabil mengenalkan bagian tubuhnya tunjuklah bagian tubuh yang dimaksud misalnya hidung, mata, kuping, kaki, tangan dan bagian tubuh lainnya.

5. Gunakan instruksi
Saat bermain berikanlah instruksi. Dengan begitu si anak akan mampu mengikuti instruksi dari orang tua dan akan merasa senang jika mampu melakukan apa yang di suruh. Salah satu instruki sederhana adalah memintanya menutup pintu atau mengambilkan bola.

6. Minta memilih mainan kesukaannya
Pergilah ke toko mainan. Gunakan buku katalog kemudian minta si anak menunjuk mainan yang ia suka di catalog tersebut. Setelah itu ajak anak Anda mencari mainan tersebut di rak mainan.

Itulah 6 aktivitas yang dapat anda ajarkan pada buah hati Anda. Semoga dengan aktivitas-aktivitas di atas dapat merangsang kecerdasan kognitif pada buah hati Anda. Selamat mencoba.... 



http://masacis.blogspot.com/2012/10/inilah-6-aktivitas-yang-bikin-cerdas.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com