0 Menikmati “Van Gogh” Lewat Pegangan Pintu

http://assets.kompas.com/data/photo/2012/10/23/1135478620X310.jpg

Ternyata, perkakas yang ada di rumah dapat menjadi karya seni. Jika tidak percaya, tanyakan saja pada penduduk Bethesda, Maryland, ini.

Sebuah replika lukisan Vincent Van Gogh berjudul “Starry Night” ini terpampang di sebuah jalan di Bethesda, tepatnya di depan toko perkakas Union Hardware. Uniknya, lukisan raksasa tersebut secara khusus dibuat dari pegangan pintu berbagai jenis dan ukuran.

Lusinan pegangan pintu ini milik sang seniman, sekaligus pemilik toko barang perkakas, David Goldberg. Goldberg mengaku memiliki terlalu banyak simpanan pegangan pintu di tokonya. Pegangan-pegangan pintu tersebut telah menumpuk selama 15 tahun.

Alih-alih membuat penawaran khusus agal laku terjual, dia justru menciptakan replika karya seni buatan Van Gogh. Tujuannya sederhana. Ia hanya ingin memberikan “kejutan” bagi lingkungannya.

Berangkat dari tujuan tersebut, Goldberg kemudian mengerjakan “eco-mural” ini. Entah ini salah satu strategi marketing miliknya atau bukan, yang jelas toko perkakas milik Goldberg, Union Hardware, kini mendapat banyak perhatian. Bahkan, pemerintah setempat telah memasang kursi di depan toko Union Hardware agar para pejalan kaki dapat menikmati karya seni tersebut.

Jika diperhatikan, bentuk kastil ikonik dalam replika lukisan karya Van Gogh ini seakan dibangun kembali dengan bata emas. Goldberg menggunakan plat dari pegangan pintu untuk “membangunnya”. Selain itu, pegangan-pegangan pintu kristal juga ia jadikan awan dan bulan.

Selama ini, Goldberg telah mengoleksi lebih dari 1.250 pegangan pintu, tuas, serta platnya. Barang-barang koleksi milik Goldberg ini tidak lagi diproduksi oleh pabriknya di Italia, Jerman, dan Amerika Serikat.



http://kiosberita.com/2093/menikmati-van-gogh-lewat-pegangan-pintu

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com