0 Patung Tandukan Zidane Menuai Protes

http://media.viva.co.id/thumbs2/2012/09/27/173083_patung-tandukan-zidane-dipamerkan-di-prancis_663_382.jpg
Patung tandukan Zidane dipamerkan di Prancis (REUTERS/ Christian Hartmann)

VIVAbola - Patung perunggu yang menggambarkan insiden tandukan Zinedine Zidane ke dada Marco Materazzi di Piala Dunia 2006 yang kini berdiri tegak di halaman Pompidou Arts Center, Paris menuai protes. Organisasi sepak bola lokal di sana menilai karya seni tersebut telah memberikan gambaran yang buruk mengenai Zidane.

Seperti dilansir khaleejtimes.com, pengurus organisasi tersebut kemudian membuat surat terbuka kepada Zidane. Dalam surat tersebut, mereka meminta agar patung tersebut dipindahkan.

"Dengan memilih gambaran yang provokatif, seniman telah dengan sengaja mengabaikan semua bakat Anda dan semua emosi positif di mana Anda mampu berbagi dengan semua orang di negara kita," tulis pengurus organisasi itu dalam surat terbuka kepada Zidane.

Peristiwa tandukan Zidane kepada Materazzi terjadi pada final Piala Dunia 2006. Saat itu Prancis sedang berhadapan dengan Italia. Akibat kejadian ini, Zidane mendapat kartu merah dan timnya harus menerima kekalahan lewat drama adu penalti usai bermain imbang 1-1.

Salah seorang seniman di Prancis baru-baru ini mencoba mengabadikan momen tersebut lewat sebuah patung yang terbuat dari perunggu. Patung ini dipajang di Pompidou Centre, Paris. Alain Seban yang menjadi pimpinan di sana mengaku kaget dengan protes tersebut. Baginya sikap itu merupakan upaya untuk mengekang kreativitas seni.



http://bola.viva.co.id/news/read/361773-patung-tandukan-zidane-menuai-protes

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com