0 25 Primata Terancam Punah di Dunia, 3 dari Indonesia

Daftar ini dikeluarkan oleh koalisi grup konservasi dalam Convention on Biological Diversity PBB di Hyderabad, India, Senin (15/10).
http://nationalgeographic.co.id/media/daily/620/0/201205301737160/b/25-primata-terancam-punah-di-dunia-3-dari-indonesia.jpg

Tiga spesies primata dari Indonesia: tarsius gunung (Tarsius pumilus), Kukang jawa (Nycticebus javanicus), dan monyet simakobu atau biasa disebut monyet ekor babi (Nasalis concolor), masuk dalam daftar "25 Primata Paling Terancam Punah 2012 - 2014."

Daftar ini dikeluarkan oleh koalisi grup konservasi dalam Convention on Biological Diversity PBB di Hyderabad, India, Senin (15/10). Asal primata yang paling mencolok berasal dari tiga negara, termasuk Indonesia, yang memiliki primata terancam punah lebih dari dua spesies.

Ketiga negara itu antara lain Madagaskar (enam spesies), Vietnam (lima spesies), dan Indonesia (tiga spesies). Dikatakan para peneliti yang terlibat dalam penyusunan daftar tersebut, kebanyakan spesies monyet di Asia terancam karena banyak hal.

Bukan hanya karena perburuan dan kehilangan habitat. Tapi juga perburuan anggota tubuh untuk memuaskan permintaan (pasar) masyarakat Asia untuk masakan eksotis, obat-obatan, dan zat perangsang.

Tarsius gunung (Tarsius pumilus) dari Sulawesi, diperkirakan punah sejak tahun 2000. "Hanya ada empat individual yang pernah tercatat oleh peneliti," ujar Christoph Schwitzer, Kepala Penelitian dari Bristol Conservation and Science Foundation (BCSF).

http://nationalgeographic.co.id/media/daily/300/0/201205301738430/n/preview.jpg

kukang jawa,primataKukang Jawa (Nycticebus javanicus) (Reynold Sumayku/NGI)

Kukang jawa (Nycticebus javanicus), masuk kategori terancam punah karena sering diburu untuk peliharaan. Spesies ini juga pernah masuk dalam daftar spesies terancam punah di tahun 2008 - 2010.

Kisah kukang secara mendalam pernah diangkat dalam National Geographic Indonesia edisi Desember 2011. Feature berjudul "Bagai Kukang dalam Sangkar" mengupas bagaimana morfologi kukang yang lucu dan menggemaskan malah jadi hal utama yang membuatnya diburu manusia untuk dijadikan peliharaan.

Lain lagi dengan monyet simakobu atau biasa disebut monyet ekor babi (Nasalis concolor). Sama seperti primata lain, ancaman utama untuk monyet simakobu adalah kehilangan habitat akibat pembukaan lahan di hutan dan perburuan untuk dijadikan peliharaan.

"Primata adalah saudara terdekat kita dan kemungkinan spesies terbaik untuk hutan hujan kita. Penting juga dicatat jika primata adalah spesies kunci dari rumah hutan tropis," kata Russell Mittermeier, President of Conservation International.

Spesies teratas dalam daftar "25 Primata Paling Terancam Punah 2012 - 2014" adalah lemur yang berasal dari Madagaskar.
(Zika Zakiya. Sumber: IUCN, Mongabay)



http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/10/25-primata-terancam-punah-di-dunia-3-dari-indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com