0 Ilmuwan temukan cara untuk menghapus memori ingatan buruk pada otak manusia

http://kabarnesia.com/wp-content/uploads/2012/09/otak.jpg 
Selama ini menghapus ingatan nampaknya masih menjadi ambisi sebagian diri kita. Terutama bagi kita yang memiliki masa lalu yang kurang baik atau memalukan. Selain itu, bisa saja ambisi ini dirasakan oleh sebagian besar remaja yang ingin menghapus kenangan bersama mantan yang telah melukai dirinya.

Sebenarnya ambisi ingin menghapus ingatan tertentu itu tidak hanya terjadi pada dunia pergaulan biasa, melainkan dunia hiburan dan sains juga telah lama membicarakannya. Salah satu contohnya adalah film sains fiksi yang memiliki adegan menghapus ingatan seperti halnya Man In Black, Resident evil selalu menjadi tontonan menarik.

Ambisi itu rupanya diamini oleh para ilmuwan yang merasa yakin telah membuka jalan menuju upaya itu.

Adalah peneliti yang ada di Universitas Uppsala di Kota Uppsala, Swedia. Meraka telah memulai sebuah penelitian untuk mengatasi keluhan akibat kegelisahan dan gangguan stres selepas trauma.

Di sela penelitian itu mereka menyatakan bahwa ingatan emosional yang baru terbentuk ternyata bisa dihapus dari otak manusia. Thomas Agren, seorang Kepala peneliti di studi itu menyatakan kalau temuan ini adalah terobosan baru dalam penelitian ingatan dan ketakutan. “Temuan ini bisa meningkatkan metode penanganan bagi jutaan orang di dunia yang ketakutan, stres, atau panik,” ungkapnya.

Pada studi itu, ilmuwan yang berpartisipasi menunjukkan sebuah gambar netral kepada seseorang kemudian memberikannya kejutan listrik. Meskipun terdengar mengerikan, namun dengan cara ini, gambar tadi ternyata bisa memunculkan rasa takut bagi sukarelawan tersebut. Hal ini berarti sebuah ingatan telah terbentuk di benak sukarelawan tersebut.

Untuk menerbitkan kembali ingatan sukarelawan tersebut akan ketakutan itu, gambar yang tadinya tak menimbulkan perasaan apapun, diperlihatkan lagi kepadanya, namun kali ini tanpa kejutan listrik.

Pada momen itu para peneliti mampu menelusuri ingatan yang hilang dari suatu bagian di dalam otak dengan menggunakan sebuah alat pemindai (scanner) yang ada di laboratorium tersebut.
Cara hapus ingatan menurut Lund University

Lain di uppsala, lain pula di Universitas Lund (Lund University) yang juga berpusat di swedia. Ilmuwan di universitas lund mengatakan kalau kita terus menerus menekan ingatan buruk dalam waktu yang lama, hal itu bisa membuat ingatan itu hilang total dari memori otak kita.

Dalam penelitian ini, Para Ilmuwan menggunakan pemindai EEG yang berfungsi mengawasi bagian otak yang menjadi aktif ketika sukarelawan mencoba melupakan sesuatu dari pikiran mereka.

Seorang Pemimpin peneliti yang bernama Gerd Waldhauser mengatakan kalau, “Kita tahu perasaan ‘terlupakan’ atau tertekan sering kali memanifestasi diri sendiri sebagai reaksi fisiologi”.

Para sukarelawan itu dilatih secara intensif untuk melupakan informasi netral yang ada di lingkungan laboratorium. “Melatih melupakan peristiwa traumatis bisa lebih rumit,” Ujar Gerd

Dilansir dari dailymail, Hasil studi ini tak hanya menunjukkan manusia bisa melupakan ingatan, namun juga bisa mengingat kembali ingatan tertentu yang dilupakan. “Makin lama ditekan, makin sulit ingatan diingat. Jika ingatan ditekan dalam waktu lama, ingatan makin sulit diingat,” tutup gerd yang menyarankan tidak terlalu menekan memori yang keluar, karena itu justru berakibat memory itu bisa terhapus total.


http://kabarnesia.com/2650/ilmuwan-temukan-cara-hapus-ingatan/

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com