0 Salju di Puncak Jaya Musnah 20 Tahun Lagi??

[Image: 1902766.jpg]
Foto kondisi gletser di Puncak Jaya yang diambil oleh satelit NASA pada tahun 1989 (kiri) dan 2009 (kanan) - Earth Observatory NASA


Foto satelit yang dirilis NASA memperlihatkan betapa cepatnya gletser (bongkahan salju) di puncak pegunungan Jayawijaya musnah.

Padahal puncak pegunungan ini adalah satu-satunya wilayah Indonesia yang memiliki salju

Dilansir oleh laman Earth Observatory milik NASA, foto diambil menggunakan satelit Thematic Mapper ™ di Landsat 4 dan 5. Di ketinggian 4.884 meter, foto satelit NASA membandingkan kondisi gletser pada 1989 (foto kiri) dan 2009 (foto kanan).

Tahun 1989, ada lima gletser di Puncak Jaya. Namun 20 tahun kemudian, tepatnya pada 2009, dua dari lima gletser itu hilang sama sekali. Sedangkan sisa tiga gletser lainnya berkurang drastis.

Menurut pihak NASA, dengan jumlah penyusutan seperti ini, para ahli memperikirakan seluruh gletser di pegunungan wilayah Papua ini dapat musnah dalam kurun waktu 20 tahun.

Penyebab penyusutan gletser di Puncak Jaya itu memang belum diketahui karena belum diteliti lebih lanjut oleh para ahli. Namun diperkirakan perubahan suhu, kelembaban, penyerapan dan tutupan awan bisa menjadi penyebab utamanya.

Tampaknya pemanasan global sudah memperlihatkan dampaknya pada penghuni Bumi. Dan kali ini dirasakan langsung oleh masyarakat Indonesia, terutama yang berada di wilayah Papua.


http://angkringan.org/showthread.php?tid=63477

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com