0 Ardian Syaf Komikus Indonesia Yang Menggambar Batman dan Batgirl Untuk DC Comics

http://i1061.photobucket.com/albums/t464/makkopublishingdreams/c7d0a956.jpg

Komikus asli Indonesia yang bekerja ekslusif sebagai komikus di DC menggambar seri Batman dan Batgirl. Sobat terlambat aku yakin pasti juga akan asing dengan Nama Ardian Syaf sama seperti yang diakui Dedy Corbuizer pembawa acara Hitam Putih di Trans7 tadi malam yang juga baru tau sosok luar biasa Ardian Syaf.

Pada episode hitam putih 4 oktober 2012 yang admin Terlambat.info tadi mengupas profil komikus Ardian Syaf tersebut, namun sangat disayangkan aku cuman bisa nonton pas episode-episode terakhir jadi aku belum terlalu tahu info sosoknya.

Lalu aku coba cari di Internet berita mengenainya namun sangat sedikit informasi mengenai Ardian Syaf yang secara ekslusif di kontrak ole DC Comics Yang menyedihkan, ketika aku mencari berita di Google mengenai profil Ardian Syaf ternyata satupun tidak ada media online news asal Indonesia yang mengupas sepak terjun Ardian Syaf.

Berita Ardian Syaf
Sama sekali tidak ada berita mengenai Ardian Syaf di Google News - Namun kuyakin setelah ini pasti akan banyak berita mengenainya di web news lokal / blog-blog

Oh iya buat sobat yang belum tau DC Comics
DC Comics (awal berdiri National Allied Publications pada tahun 1934) adalah sebuah perusahaan komik dan perusahaan terkait yang terbesar di Amerika, bersama dengan Marvel Comics. Sebuah anak perusahaan dari Warner Bros. Entertainment sejak 1969, DC Comics menerbitkan sejumlah besar tokoh-tokoh terkenal seperti Superman, Batman, Wonder Woman, Flash, Green Lantern dan the Justice League of America.

Seorang komikus asal Indonesia yang sangat membanggakan dan luar biasa ini masih tetap rendah hati  walapun hasil karyanya Satu halaman saja seharga 3 Juta.

Foto-Foto Ardian Syaf | Terlambat.info :

Berikut ini foto dan hasil gambar Ardian Syaf yang admin terlambat.info dapatkan dari Akun Facebook beliau 
Ardian Syaf Hitam Putih
Ardian Syaf & Sahabat Foto Bareng Artis Jojon- Hitam Putih
Ardian Syaf Bikin Komik Jokowi DKI 1
Gambar Ardian Syaf Jokowi Ahok DKI 1



Dan berikut ini beberapa artikel di blog dan web yang kudapat mengenai Profil Ardian Syaf

Ardian Syaf Pindah Ke Atlantis


Kabar buruknya, Jim Lee tidak lagi menjadi komikus serial JUSTICE LEAGUE dan digantikan Ivan Reis - Joe Prado. Ivan Reis adalah komikus yang bergabung dengan Geoff Johns di serial AQUAMAN, serial yang menuai reaksi positif sejak dirilis kembali melalui program New 52.
Kabar baiknya, komikus yang ditunjuk untuk menggantikan Ivan Reis adalah Ardian Syaf! Setelah mengerjakan serial BATGIRL tahun pertama dan RED LANTERNS #0, komikus asal Tulungagung ini dipercaya untuk menceritakan kisah sang manusia Atlantis dan akan dimulai di AQUAMAN #15. Komik ini akan terbit di bulan Desember 2012, segera pesan di toko komik impor langganan kamu!
EMPEROR AQUAMAN
Ardian pernah menggambar Aquaman di komik FLASHPOINT: EMPEROR AQUAMAN yang menceritakan sisi buas sang jagoan Atlantis dan tampaknya (Ardian) akan mudah beradaptasi dengan alur cerita serialnya yang sedang terbit saat ini. Meski pernah dianggap sebagai salah satu karakter paling tidak populer, kini Aquaman adalah salah satu karakter paling kuat di DC Universe.
AQUAMAN #15


AQUAMAN #15

Penulis: GEOFF JOHNS
Komikus: ARDIAN SYAF
Cover: EDDIE BARROWS & EBER FERREIRA
1:25 B&W Variant cover: EDDIE BARROWS & EBER FERREIRA
1:25 “Throne of Atlantis” Variant cover: JIM LEE & SCOTT WILLIAMS
Tersedia variant cover blank “We Can Be Heroes”
Terbit DECEMBER 26 • 32 halaman, harga, $2.99 US • RATED T
• Crossover dengan serial JUSTICE LEAGUE!
• Bagian 2 alur “THRONE OF ATLANTIS!”
• Atlantis menginvasi dunia di atas air!
Variant cover 1:25 “Throne of Atlantis”  edisi ini bisa digabungkan dengan variant cover JUSTICE LEAGUE #15 1:25 “Throne of Atlantis” menjadi sebuah gambar utuh.


Sedangkan ini merupakan Artikel tahun 2012 mengenai profil Ardian Syaf

Ardian memiliki cita-cita untuk menjadi seorang komikus sudah sejak lama. Dirinya sempat beberapa kali mengirimkan karya berupa gambar dan cerita kepada beberapa penerbit di Jakarta tapi selalu tidak mendapatkan tanggapan.
Beruntung kemudian Ardian mendapatkan informasi mengenai banyaknya lowongan sebagai komikus untuk diluar negeri, kemudian Ardian membuka situs www.digitalwebbing.com, sebuah situs yang membuka lowongan untuk para artis komik untuk di seluruh dunia.
Aetelah mengirimkan beberapa karya. Ardian mulai dilirik oleh para penerbit komik diluar negeri salah satunya adalah Alex Cross seorang pemilik penerbit komik independent di Amerika.
Namun untuk saat itu Ardian baru mendapat bayaran yang kecil, sampai kemudian ia bergabung dengan Dable Brother dan berhasil mendapat kontrak untuk 5 tahun sebagai seorang penciller dan mendapat uang $1000 diawal kontrak dan $100 untuk setiap lembar gambar yang dihasilkannya ( banyak juga ya ).
Karya yang dikerjakan oleh Ardian adalah The Dresden Files 11 jilid yang merupakan kisah tentang seorang penyihir di jaman modern. Karena sebagai seorang penciller maka cerita sepenuhnya berasal dari pihak lain (dalam hal ini Jim Butcher) Ardian tinggal menggambar sesuai dengan naskah yang dikirimkan kepadanya, karena isi naskahnya sangat detail termasuk mengenai data tokoh yang harus digambar maka menurutnya ia tidak mendapat kesulitan untuk menggambar sesuai dengan kemauan dari pihak publisher.
Untuk proses pengerjaannya Ardian selalu mendapat kiriman kertas bristol, yaitu kertas khusus yang dikirimkan oleh Dable Brother untuk menggambar komik yang diinginkan, setelah selesai menggambar Ardian akan mengirim email untuk dikoreksi, dan jika disetujui maka barulah obyek gambar dikertas tersebut dikirimkan ke penerbit di Amerika sana.
Ternyata komik Dresden Files mendapat sambutan yang luar biasa di Amerika, sehingga mulai menarik perhatian publisher komik besar seperti Marvel dan DC, sehingga sampai saat ini Ardian masih tetap eksis untuk bekerja sebagai komikus indonesia yang berhasil mendapat tempat dalam industri komik dunia khususnya untuk komik superhero yang menjadi ciri khas komik Amerika.
Saat ini Ardian berada di bawah naungan agency yang bernama Nutopia, sebuah agency untuk para komikus dunia.Nah di DC Comic inilah Ardian menjadi fill in artis dan mendapat bayaran $200 perhalaman, dan kemudian menjadi artis utama untuk komik Batman, The Balckest Night sebanyak 3 seri dengan bayaran $238 perhalaman durasi kontrak 2 tahun(komik Batman, The Balckest Night terbit berturut-turut di bulan Agustus, September dan Oktober untuk 1-3)
nah seperti ini karya-karyanya hasil gambar ardian syaf
Captain_Britain_and_MI-13_Vol_1_13.jpg
ardian syafX-Men_-_Manifest_Destiny_Nightcrawler_Vol_1_1.jpg/300px-X-Men_-_Manifest_Destiny_Nightcrawler_Vol_1_1.jpg
http://fc06.deviantart.net/fs7/f/2006/345/b/7/The_Hulk_by_ardian_syaf.jpg
http://fc08.deviantart.net/fs6/i/2005/026/8/c/requiem_by_ardian_syaf.jpg

Ardian Syaf Dapat Kontrak Ekslusif DC Comics

Ardian Syaf (31). Sosok komikus yang rendah hati ini memilih tinggal di kampung halamannya di Desa Tenggur, Kecamatan Rejotangan, Tulung Agung, bersama istri dan seorang anaknya. Dari kampung halamannya, karya Aan, sapaan akrabnya, mampu menembus dunia. Bahkan, ia disodori kontrak eksklusif sebagai penciller oleh penerbit raksasa Amerika, DC Comics.  Artinya, ia tidak boleh membuat ilustrasi selain di DC.
Tentu, Aan tidak meraihnya dengan gampang. Lulus kuliah tahun 2004 di Desain Komunikasi Visual, Universitas Negeri Malang, ia sempat bekerja sebagai tukang lay out dan illustrator sebuah penerbitan.
“Sejak tahun 2005, saya mulai melamar untuk menjadi illustrator penerbit dunia. Caranya, saya memasang lowongan pekerjaan untuk illustrator di berbagai web, dengan dilengkapi ilustrasi terbaik karya saya. Tapi, lama sekali enggak dapat order. Paling hanya order membuat komik tanpa imbalan. Meski begitu, tetap saya kerjakan, sambil mengasah kemampuan menggambar,” kata Ardian
Pelan-pelan Ardian mulai mendapat order kecil-kecilan. “Awalnya, per halaman dibayar 25 dolar. Itu pun komik pendek 8 halaman. Selama dua tahunan, saya hidup dari order-order kecil. Saya yang waktu itu sudah menikah, sempat putus asa. Sempat ingin bekerja di kota besar,” jelasnya.
SIKAP PROFESIONAL
Selanjutnya, Aan mendapat  informasi dari Ketty, seorang penulis Irlandia. Sebuah  penerbit tengah mencari ilustrator komik untuk proyek komik berjudulDresden Files. Ia segera memasukkan lamaran dengan melampirkan karya terbaiknya. “Esoknya saya langsung dapat jawaban. ‘Selamat Anda akan kami kontrak.’ Bahkan, saya dapat kontrak eksklusif dari penerbit Dabel Brother di AS dalam jangka waktu tertentu. Total saya mengerjakan sekitar 12 jilid, masing-masing setebal 22 halaman. Satu jilid, saya kerjakan selama sebulan. Hitungannya, satu hari satu halaman. Honor per halaman 100 dolar,” kata Aan, seraya mengatakan komiknya terbit tahun 2008.
Menjadi ilustrator untuk penerbit asing, menurut Aan, butuh sikap profesional. Mereka disiplin soal waktu. Dalam sehari, Aan mesti menyelesaikan satu halaman. Kata Aan, sebenarnya bukan persoalan berat. Naskah yang ditulis oleh Mark Powers ini, cukup rinci. “Dari deskripsi yang ditulis sang penulis, saya memindahkannya dalam bahasa gambar. Ternyata, mereka suka dengan karakter gambar saya,” kata Aan.
Semakin lama, gambar Aan makin matang. Apalagi, ia sangat menikmati pekerjaannya. Proyek pertama ini pun sanggup ia selesaikan dengan baik. Aan cukup berbangga ketika mendapat kabar, Dresden Files masuk peringkat keempat komik terlaris. Bahkan, masuk nominasi penghargaan komik di AS. Otomatis nama Ardian ikut terangkat. “Sayang, penerbit Dabel Brother, akhirnya bangkrut.”
Meski begitu, Ardian Syaf sudah menancapkan taring sebagai ilustrator mumpuni. Katanya, penerbit komik dunia itu tampaknya luas, tapi sesungguhnya sempit. Seorang ilustrator yang bagus di satu penerbit, akan, gampang dikenali penerbit lain. Itulah yang dialami Aan. Lepas dari Dabel Brother, Aan diajak bergabung oleh sebuah agency yang berkedudukan di Spanyol.
Sang agency menawarkan gambar Anto ke penerbit di Amerika. Tak tanggung-tanggung, Anto mendapat kontrak dari Marvel. Ia mengerjakan komik superhero X-Men. “Saya enggak menyangka bisa bekerja di sebuah penerbit besar.”
Selanjutnya, ia dapat tawaran dari DC Comics. Ia menggarap JLA danTitans. Bahkan, ia menggarap komik Superman, Batman, Green Lantern, Aquaman, superhero legendaris dunia. Mulai honor 200 dolar per halaman, ia dikontrak eksklusif selama dua tahun dengan bayaran 235 dolar per halaman. “Tahun ini kontrak berakhir. Saya harap, sih, nanti akan dikontrak kembali.”
Sebenarnya Aan sering diminta penerbit untuk menghadiri event komik di AS. Di sana, acara komik memang diselenggarakan tahunan. Biasanya, menghadirkan para kreator untuk keperluan launching komik atau book signing. Tahun lalu, Aan sebenarnya juga diundang ke Afrika Selatan untuk acara komik internasional. Uniknya, Aan tak pernah memenuhi undangan. “Saya lebih suka tinggal di desa,” ujarnya tenang.
Omong-omong tidak tertarik membuat komik lokal? “Nanti kalau kontrak eksklusifnya sudah selesai, saya ingin juga membuat komik lokal.”

Daftar Komik karya Ardian Syaf

- Take A Chance, 1-4, Dabel Brothers Publishing
- The Dresden Files: Welcome to The Jungle 1-4 (Dabel Brothers Publishing)
- The Dresden Files: Stormfront 1-6 (Dabel Brothers Publishing)
- X-Men Manifest Destiny: Nighcrawler (Marvel)
- Captain Britain & MI-13, 13 (Marvel)
- JLA, 34 (DC)
- Titans, 23 (DC)
- Superman/Batman, 68-70 (DC)
- Blackest Night: Batman, 1-3 (DC)
- Blackest Night: Phantom Stranger (DC)
- Green Lantern Corps, 48-52 (DC)
- Brightest Day, 1,2,4,5,7,8,13 (DC)

Ingin melihat Gambar Ardian Syaf , silahkan sobat terlambat.info membuka halaman http://ardian-syaf.deviantart.com/


sumber : http://www.terlambat.info/2012/10/ardian-syaf-komikus-indonesia-yang.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com