0 Racun di iPhone 5 Lebih Sedikit Ketimbang Galaxy S III

Sejumlah ponsel yang dibuat saat ini memiliki kandungan bahan berbahaya yang lebih sedikit dibanding ponsel-ponsel sebelumnya. Apple iPhone 5 dan beberapa model ponsel baru lainnya merupakan salah satu yang paling sedikit terdapat bahan beracun. Hal tersebut diketahui dari laporan iFixit dan HealthyStuff.org.


Analisa tersebut dilakukan menggunakan X-ray fluoresensi spektometer, yang menentukan komposisi kimia dari material. Para peneliti melakukan pengamatan pada setiap komponen telepon, yakni layar, case, solder, papan sirkuit, dll. Mereka mencari bahan berbahaya yang paling sering ditemukan, termasuk bromin, merkuri dan timah. Ponsel-ponsel tersebut kemudian dinilai pada skala 0 hingga 5. Skala 0 mengindikasikan yang paling sedikit terdapat bahan beracun dan skala 5 adalah yang paling banyak.

Dari 36 ponsel yang diuji coba, ada 6 ponsel yang paling sedikit memiliki kandungan racun. Keenam ponsel ini adalah Motorola Citrus, iPhone 4S, LG Remarq, Samsung Captivate, iPhone 5, dan Samsung Evergreen. Sebanyak 24 ponsel masuk dalam kategori 'medium concern' termasuk iPhone 4, iPhone 3G, Galaxy S III, BlackBerry Bold 9000, BlackBerry Curve 8530, Motorola Droid X, dll. Sementara ponsel yang masuk dalam kategori 'high concern' salah satunya adalah Nokia N95 dan iPhone 2G.
Para peneliti mencatat bahwa racun pada ponsel memiliki dampak bagi manusia dan lingkungannya. Racun seperti n-heksana pernah merenggut nyawa pekerja yang merakit konponen perangkat Apple. Racun-racun ini juga biasa ditemukan pada chassis telepon dan keyboard komputer. Bahan-bahan ini bisa merusak lingkungan, bercampur dengan air tanah ketika dibuang sembarangan dan bercampur dengan udara ketika dilebur.
Hasil temuan ini juga menunjukkan bahwa para produsen umumnya telah memperbaiki penggunaan komponen berbahaya dari waktu-ke-waktu. Handset yang rilis dua tahun belakangan mengindikasikan tingkat kepedulian yang lebih tinggi ketimbang perangkat tahun sebelumnya.


sumber : http://www.teknoup.com/news/19340/ifixit-racun-di-iphone-5-lebih-sedikit-ketimbang-galaxy-s-iii/

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com