0 Danau Batur Masuk Daftar Geopark Global Unesco


(Foto:dok/ist)
Selain Indonesia, juga masuk 3 lokasi baru dari China, Hongaria dan Spanyol.

PARIS - Empat lokasi baru di Indonesia, China, Hongaria dan Spanyol dimasukkan ke dalam jaringan geopark global, demikian pengumuman UNESCO.

Keempat lokasi tersebut, yang diberi nama geopark --meliputi Danau Batur, yang berada di tengah gunung berapi aktif di Bali timur-laut di Indonesia, sejumlah gunung tinggi di Provinsi Jiangxi di bagian tenggara China, Bakony-Balaton di Hongaria, yang terkenal karena danau terbesarnya di Eropa tengah, dan Geological dan Mining Park di Catalonia Tengah, Spanyol.

Lokasi baru itu membuat jumlah geopark di jaringan tersebut menjadi 91 yang berada di 27 negara, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu pagi.

Jaringan geopark global, yang diciptakan dengan dukungan UNESCO pada 2004 untuk mendorong kerja sama antara warisan geologi dan praktisi, menghubungkan lokasi warisan geologi yang penting, langka atau cantik di dunia dan juga digunakan untuk mendorong pembangunan berkesinambungan bagi masyarakat lokal.

Jaringan tersebut juga bertujuan mendorong kesadaran mengenai strategi pengurangan bencana dan bahaya geologi, perubahan iklim serta perlunya menangani sumber daya alam secara kerkesinambungan.


http://www.shnews.co/detile-8253-danau-batur-masuk-daftar-geopark-global-unesco.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com