0 Jokowi Meter untuk Tagih Janji Sang Gubernur

http://4.bp.blogspot.com/-iAalelR4PoQ/UAF60XF_iwI/AAAAAAAAI5s/HLbaqeHSWck/s400/jokowi.jpg

Janji manis calon kepala daerah kerap dilontarkan saat kampanye, termasuk yang dilakukan gubernur DKI terpilih, Jokowi.
Ada usulan mencanangkan Jokowi Meter untuk mengukur janji-janji mana saja yang ditepati Jokowi setelah berhasil duduk di kursi DKI 1.
Menurut aktivis HAM dan penggiat LSM, Usman Hamid, kontrol politik terhadap pemerintahan baru Jakarta bisa dimulai warga dari hal dan cara yang sederhana.
Misalnya dengan menggunakan ruang publik digital, atau melalui pemanfaatan jejaring media sosial seperti twitter.
"Itu ide sederhana, namun segala urusan publik dan kepemerintahan bisa jadi bahan obrolan dalam bahasa sehari-hari," ujar Usman, Selasa (9/10/2012).
Lebih jauh, dikatakan Usman, warga Jakarta bisa meniru cara warga Amerika Serikat yang memunculkan Obama Meter untuk menagih perubahan yang dijanjikan Barack Obama.
"Kita juga bisa mencanangkan Jokowi Meter, sehingga janji-janji kampanye Jokowi bisa ditagih. Program yang telah dia lakukan nantinya, bisa diukur berhasil atau tidak," paparnya.
Usman menambahkan, peranan sosial media cukup penting, terutama dalam mensosialisasikan figur calon gubernur beserta visi, misi, dan program kampanyenya saat pemilukada DKI kemarin.
Menurut dia, warga Jakarta merupakan masyarakat perkotaan yang cukup melek terhadap perkembangan teknologi dan penyebaran informasi melalui sosial media.
"Sehingga gerakan tagih janji gubernur baru juga bisa dilakukan melalui sosial media," pungkasnya.


http://jakarta.tribunnews.com/2012/10/09/canangkan-jokowi-meter-untuk-tagih-janji-gubernur-dki

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com