0 Bisa Ular Ini Pengganti Morfin

http://img.okeinfo.net/content/2012/10/08/482/700660/ARN1YrIlwm.jpg
 
BISA dari ular mamba hitam, salah satu ular paling berbisa di Afrika, dikatakan sama efektifnya dengan morfin untuk digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit.

Peneliti Prancis dari Institut Farmakologi Molekuler dan Seluler di Nice berharap bisa mengembangkan bisa ular untuk pengobatan suatu saat nanti.

Dengan menganalisis bisa dari 50 ular, mereka menemukan bahwa salah satu dari bisa ular tersebut juga mempunyai sifat analgesik yang kuat seperti morfin. Bisa ini diproduksi oleh ular mamba hitam, salah satu ular paling berbahaya di Afrika karena mampu membunuh belasan orang dalam satu gigitan.

Bisa ular mamba hitam mengandung protein penawar rasa sakit yang disebut mambalgines. Peneliti Prancis mampu menguji efek protein ini pada tikus laboratorium.

Tidak seperti morfin, mambalgines melawan rasa sakit tanpa melewati rute otak opioid. Protein ini tidak menimbulkan efek samping seperti yang sering disebabkan morfin, yaitu sakit kepala, muntah, gangguan berpikir, kejang otot. Mambalgines juga tidak memiliki efek adiktif seperti morfin.

Tim ilmuwan akan melanjutkan penelitian sebelum mempertimbangkan pengembangan obat penghilang rasa sakit ini untuk penggunaan klinis, seperti dilansir Top Santé

http://health.okezone.com/read/2012/10/08/482/700660/bisa-ular-ini-pengganti-morfin

0 komentar:

Poskan Komentar

 

tabtub Copyright © 2011 - |- Pregador - |- Powered by bongak77.com